NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

KOLABORASI MAPEL PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAAN DENGAN MAPEL PRODUKTIF DI SMK NU 03 BONDOWOSO

Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilannya dibidang kewirausahaannya peserta didik diharapkan memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, seperti mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meningkatkan pendapatan.


Karakter kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan dan tantangan, apapun profesinya. Dengan demikian, ada beberapa hakikat pentingnya kewirausahaan, yaitu: Yang pertama Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, proses dan hasil bisnis. Yang kedua Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha. Yang ketiga Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Keempat Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kelima Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha. Dan keenam Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

Berdasarkan keenam pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah  nilai-nilai yang membentuk karakter dan perilaku. Peserta didik diharapkan memiliki karakter wirausaha sebagai orang yang punya percaya  diri, berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil risiko, berjiwa kepemimpinan untuk menjadi wirausahawan yang berhasil dan sukses,

Di Sekolah SMK NU 03 Bondowoso pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)  diintegrasikan dengan mata pelajaran Produktif (Kompetensi Keahlian), merupakan penginternalisasian nilai-nilai kewirausahaan ke dalam pembelajaran. Sehingga diperoleh hasil kesadaran, terbentuknya karakter wirausaha dan pembiasaan nilai-nilai kewirausahaan ke dalam tingkah laku siswa sehari-hari melalui proses pembelajaran yang berlangsung. Selain itu untuk menjadikan siswa menguasai kompetensi atau materi yang pelajari, kegiatan pembelajaran juga dirancang dan dilakukan untuk menjadikan mereka mengenal nilai-nilai kewirausahaan.

Penulis : M.Rofiqi, S.H


0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling