NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
PPDB ONLINE
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

Penyebab Penyakit Busuk Pantat (Bloosom End Root) Pada Tanaman Tomat Dan Cara Mengatasinya

Tomat adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Tidak heran jika tingkat keberhasilan dalam budidaya tomat sangat tinggi. Namun, keberhasilan budidaya juga tergantung pada perlakuan petani dalam proses perawatan tanaman.

Salah satu faktor penting dalam budidaya tanaman tomat selain pengolahan tanah dan pemukan adalah pengendalian hama penyakit. Walaupun pemupukan dan olah tanah sudah maksimal. akan tetapi,  jika tidak mampu mencegah dan mengendalikan penyakit maka semuanya akan sia-sia.

Salah satu penyebab penurunan produktifitas tanaman tomat adalah penyakit busuk pantat ( bloosom end root ). Penyakit ini dapat menurukan hasil panen antara 10 sampai 30 persen. Buah yang mengalami busuk pantat jelas tidak akan bisa dijual sehingga sangat merugikan petani.

                          

Busuk Pantat , Sumber : kebun tomat ibralby farm

Banyak yang beraggapan bahwa penyakit ini diakibatkan karena kekurangan kalsium. Namun, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Faktor utamanya adalah karena endapan air hujan yang terakumulasi dibagian bawah buah tomat. Kondisi tersebut akan membuat kulit bagian pantat tomat menjadi lunak ,tipis dan berisi banyak air. Pada saat udara panas air dalam pantat tomat akan berkurang dengan drastis sehingga mengalami kerutan dan terjadilah busuk pantat.

Selain guyuran hujan, penggunaan pestisida yang bersifat asam dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan busuk pantat. Bahan aktif pestisida maupun unsur hara pupuk daun yang larut dalam air tidak diserap atau sangat sedikit diserap oleh buah. Air larutan pupuk daun atau pestisida yang luruh dan terakumulasi di pantat buah jika terpapar cuaca panas akan bertambah pekat (hipertonis) atau mengering dan menyebabkan kulit buah mengalami plasmolisis (yaitu terserapnya cairan sel keluar). Busuk pantat yang disebabkan plasmolisis cirinya bagian pantat buah mengering, cekung dan lebih kaku.

Cara mencegah busuk pantat adalah dengan mencukupi asupan kalsium pada tanaman tomat. Terpenuhinya kebutuhan unsur Ca membuat tanaman lebih kokoh, dinding sel batang dan buah lebih tebal dan kuat. kita juga bisa menggunakan mineral pelindung untuk menyerap keasaman air hujan. Selain itu, pantangan dalam proses penyemprotan pestisida juga  harus diperhatikan dengan serius.

                          

Buah tomat setelah aplikasi Ca, sumber : ibralby farm

Karena merupakan gangguan fisiologis, busuk pantat memang tidak menular. Akan tetapi tanpa penanganan yang cepat dan benar dikhawatirkan jumlah kerusakan buah akan semakin banyak dan kerugian yang kita alami semakin besar.

 

Ditulis oleh : Haryanto,S.Pd



0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling