NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

Si Ganteng Alumni SMK NU 03 BONDOWOSO Mantap Menjadi Petani Kentang

Si Ganteng Alumni SMK NU 03 BONDOWOSO Mantap Menjadi Petani Kentang

 

Salah satu tujuan utama Sekolah Menengah Kejuruan adalah mencetak wirausahawan. Sekolah Menengah Kejuruan dituntut untuk mampu meningkatkan kompetensi siswa. Utamanya dalam bidang sesuai kompetensi keahlian yang dimiliki. Dalam dunia SMK, barometer kualitas sebuah SMK diukur dari jumlah siswa yang diterima bekerja di perusahaan atau sebagai seorang entrepreneur.  

                    

Gambar : Foto Rahmat Zainul Huda

SMK NU 03 Bondowoso adalah salah satu SMK Swasta di Kabupaten Bondowoso dengan kompetensi keahlian Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Dimana kompetensi keahlian ini memiliki tanggung jawab yang berat dalam mencetak wirausahawan muda dalam bidang pertanian (Agropreneur). Hal tersebut dikarenakan sektor agribisnis dianggap kurang menjanjikan. Namun, berkat perjuangan dari para tenaga pendidik, pada akhirnya SMK NU 03 Bondowoso mampu meyakinkan beberapa alumni untuk menjadi seorang agropreneur.

 

Menurut keterangan dari kepala SMK NU 03 Bondowoso banyak alumni sudah menjadi agropreneur. Salah satunya adalah Rahmat Zainul Huda yang berasal dari Desa Jampit Kecamatan Ijen yang berhasil menjadi petani kentang dengan omset puluhan juta rupiah sekali panen.

                   

Gambar : Foto perawatan kentang oleh rahmat

si rahmat ini menolak tawaran dari orang tuanya untuk kuliah. Dia mendapat Inspirasi ketika dulu mengikuti kegiatan prakerin. Pembelajaran dan motivasi untuk menjadi agropreneur banyak ia dapatkan. Selain itu, ia paham potensi pertanian di daerahnya sangat menjanjikan utamanya pada komoditas kentang” ujar kepala SMK NU 03 Bondowoso.

“ Rahmat ini saya juluki si ganteng dulu waktu masih sekolah,karena anaknya memang ganteng bersih dan kulitnya kuning langsat. Tapi, sama sekali dia tidak takut menjadi hitam karena bertani.Jangankan perempuan terpesona pada ketampanannya, kentang pun juga pasti ikut jatuh hati padanya” beber kepala SMK NU 03 Bondowoso sambil bercanda.


Gambar : Landscape lahan kentang milik rahmat dengan latar belakang gunung Ijen

Selain itu kepala SMK NU 03 Bondowoso terus mendorong guru dan siswa agar terus aktif dan antusias dalam melakukan program kewirausahaan, baik melalui program tanam, program marketing dan program start up KWU di SMK NU 03 Bondowoso. Ia juga mengharap dukungan dari seluruh pihak utamanya orang tua agar memberikan support penuh pada kegiatan yang dilakukan putra-putrinya.


0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling