NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

LATIH KREATIFITAS DAN MENTALITAS SISWA, SMK NU 03 BONDOWOSO BEKALI SISWA DENGAN KEGIATAN MARKETING UNIT PRODUKSI

Sekolah menengah kejuruan memiliki tujuan utama yaitu menyiapkan siswanya untuk memasuki lapangan kerja. Peserta didik lulusan SMK diharapkan dapat menjadi tenaga kerja siap pakai, dengan kata lain SMK menghasilkan lulusan yang siap kerja baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai wirausahawan. Selain itu, UUSPN No.20 tahun 2003 pasal 15, menyatakan bahwa pendidikan menengah kejuruan memliki tujuan menyiapkan peserta didik terutama untuk 21 bekerja dalam bidang tertentu.

SMK NU 03 BONDOWOSO merupakan salah satu SMK dengan kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Dengan kompetensi keahlian tersebut lulusan SMK NU 03 Bondowoso diharapkan mampu memanfaatkan peluang dalam bidang Agroindustri baik sektor hulu maupun hilir.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam program SMK. SMK NU 03 Bondowoso melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa
  baik soft skill maupun hard skill salah satunya melalui kegiatan kewirausahaan atau entrepreneur.





Salah satu program populer yang dilakukan di SMK NU 03 Bondowoso adalah program marketing melalui Unit Produksi (UP). Dalam program tersebut siswa ditugaskan untuk memiliki produk baik olahan maupun produk fresh/mentah. Produk-produk tersebut dikemas dengan teknik packaging yang baik sehinggga memiliki tampilan menarik serta memiliki nilai ekonomis lebih baik. Selain itu dalam program ini siswa dilatih tata cara marketing seperti cara berbicara, gestur serta trik agar konsumen tertarik untuk membeli.

Seiring berjalannya waktu siswa SMK NU 03 Bondowoso semakin berkembang lebih kreatif dalam memanfaat peluang usaha. Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang mendaftarkan produknya pada unit produksi. Berdasarkan data dari pembina Unit produksi yang sekaligus guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK NU 03 Bondowoso Bapak M.ROFIKI, S.H, dirinya merasa semakin kewalahan membuat jadwal marketing dengan banyaknya produk yang antri untuk dipasarkan. Ia menuturkan bahwa Hal tersebut merupakan indikasi nyata dampak program marketing unit produksi terhadap kreatifitas dan mentalitas siswa dalam rangka berwirausaha.

Jika anda berkunjung ke SMK NU 03 Bondowoso jangan lupa untuk membawa oleh oleh khas SMK NU 03 Bondowos seperti puluhan jenis makanan olahan dari hasil pertanian, Fresh Fruit seperti melon,alpukat, dan lain-lain serta aneka sayur mayur.

Jaya terus SMK

SMK BISA

SMK HEBAT LUAR BIASA

SALAM AGRO

Ditulis oleh : Haerul Hanafi, S.Pd

Editor : Fathol Khorim



0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling