NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

CARA MENCEGAH SERANGAN EMBUN TEPUNG PADA TANAMAN MELON VERSI KEPALA SMK NU 03 BONDOWOSO

Penyakit embun tepung( powdery mildew ) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh cendawan dari bangsa ascomycotina (jamur) dalam ordo oryshipphales. tanaman yang sering diserang oleh embun tepung diantaranya adalah anggur, bawang, apel,dan timun-timunan ( melon, semangka, dan labu).Jamur penyebab embun tepung pada setiap tanaman berbeda-beda jenis.Sedangkan, jamur yang menyerang tanaman melon adalah podosphaera xanthii.

penyakit embun tepung boleh dibilang cukup berbahaya bagi tanaman melon. Serangannya akan mengganggu proses fotosintesis yang mengakibatkan terhambatnya proses pembesaran buah dan pembentukan kadar gula sehingga akan sangat merugikan petani.

Ciri-ciri serangan embun tepung adalah munculnya bercak / spot pada permukaan daun melon. Pada awal serangan, bercak berwarna putih berupa lingkaran kecil menyerupai tepumg di atas permukaan daun. Ketika serangan memasuki tahap lanjut seluruh permukaan daun akan dipenuhi spora berbentuk tepung putih yang menembus bagian bawah daun. Kondisi tersebut merupakan fase terparah serangan dan akan sangat sulit untuk dikendalikan.

 


Gambar : Embun tepung fase awal serangan

Dalam sebuah kesempatan Kepala SMK NU 03 Bondowoso yang juga merupakan seorang penggiat tanaman urban farming melalui kanal youtube pribadinya menjelaskan bahwa penyakit embun tepung biasanya sering muncul pada bulan-bulan kering yang cenderung lembab seperti musim kemarau atau musim hujan dimana terjadi kondisi panas ekstrim dalam beberapa jam kemudian diakhiri oleh hujan. Dengan karakteristik tersebut, tanaman dalam Green House (GH) akan lebih rentan serangan embun tepung karena kondisi rungannya kering cenderung lembab.

Selain itu Bpk.Haryanto juga memberikan tips cara mencegah embun tepung (powdery mildew) pada tanaman melon seperti yang admin rangkum diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1.        Gunakan jarak tanam ideal untuk tanaman melon minimal 50 cm

2.        Bersihkan gulma jangan sampai tumbuh rimbun pada selokan bedengan

3.    Lakukan proteksi dengan fungisida relevan untuk embun tepung dan bersifat protektif utamanya pada kondisi cuaca kering dan lembab.

4.        Penyemprotan bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan interval 4 hari sekali

5.        Penyemprotan harus merata dan wajib menggunakan nozzle (mata sprayer) dengan semburan kabut


Gambar : Embun tepung parah

“ Embun tepung itu mudah dicegah tetapi akan sedikit sulit untuk dibasmi ketika jamur sudah inokulasi dan berkembang keseluruh permukaan daun jadi lakukan proteksi semaksimal mungkin sebelum terkena “ ujar Bpk.Haryanto.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sahabat SMK yang sedang mengembangkan tanaman melon, selamat mencoba ya ! semoga tanaman melon sahabat bisa panen dengan maksimal 


Sumber berita :

Embun tepung ensiklopedia

Chanel youtube hortimart





0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling