NEWS UPDATE :  

BERITA

Pencarian
PENGUMUMAN KELULUSAN
PPDB ONLINE
Kontak
Alamat :

Jl.Niaga Rt.09/02 Desa Nogosari Kecamatan Sukosari (68287)

Telepon :

081332467268

Email :

smknu3bws@gmail.com

Website :

www.smknu3bws.sch.id

Media Sosial :
Ciri-ciri Daun Melon Yang Tidak Sehat
Cara Budidaya Jamur Bonggol Jagung

MEROKETNYA HARGA CABE, UNTUNGKAN SISWA PKL SMK NU 03 BONDOWOSO

Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK NU 03 Bondowoso tahun 2022 mengambil tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. PKL tahun ini mengusung tema “Gelar Tekhnologi (Geltek) Mini”dimana dilaksanakan di desa Nogosari dengan skala lahan ± 100 da dengan berbagai macam varietas tanaman yaitu tomat, cabe, terong dan sawai yang terbagi kedalam 4 kelompok didalamnya.

Dengan pembagian lahan yang dapat dikatakan sangat sempit, semua siswa PKL SMK NU 03 Bondowoso diharuskan mampu melaksanakannya dengan maksimal. Baik dari segi tanaman, perawatan, kebersihan dan lain sebagainya.

Selain itu, semua kelompok juga diharuskan mampu mencapai prospek hasil yang maksimal dari segi hasil penjualan tanaman yang mereka tanam. Dengan kata lain mampu memanfaatkan serta menyulap lahan yang sedikit menjadi prospek hasil pertanian yang sangat menguntungkan.

                                

Pada PKL tahun ini dapat dikatakan menguntungkan bagi semua kelompok khususnya pada kelompok tanaman cabe. Dimana untuk tanaman cabe tersebut terdiri dari 9 bedeng dengan jumlah tanam ± 500 pohon saja. Namun dengan jumlah tanam yang sedikit itu, kebutuhan stok cabe serta naiknya harga cabe di pasaran yang saat ini mencapai harga Rp.50.000 – Rp.60.000/kg menguntungkan bagi kelompok ini dalam prospek hasil penjualan tanamannya.

Disamping keuntungan naiknya harga cabe, ada banyak problem serta perjuangan yang mereka lakukan untuk menjadikan tanamannya tumbuh dengan maksimal. Selain cuaca yang ekstrim, banyak penyakit lain yang menyerang pada tanaman cabe seperti Antraknosa/patek (Colletotrichum capsici), Layu bakteri (Pseudomonas solanacearum), Bercak daun (Cercospora capsici) dan Layu Fusarium (Fusarium oxysporum). Jadi perlu tenaga dan penanganan ekstra dalam perawatannya dalam mengatasi problem yang dihadapi untuk hasil tanaman yang maksimal.


0 Komentar

Kirim Pesan
CHANNEL YOUTUBE KAMI

PROFIL SMK NU 03 BONDOWOSO
POLLING

APA PENDAPAT ANDA TENTANG WEBSITE INI?

  SANGAT BAGUS
  BAGUS
  BIASA
  KURANG BAGUS
  JELEK

  Hasil Polling